Artikel Pengantar Web Science dan Sejarah Web
Artikel Pengantar Web Science dan Sejarah Web
Assalamualaikum
Wr. Wb.
Hallo
para pembaca, dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan, apa sih maksud
dari mata kuliah pengantar web science itu? Beserta tujuan dari mata kuliah
tersebut yang mana sekaligus sebagai mata kuliah softskill untuk mahasiswa.
Disamping
itu, saya akan memberikan info mengenai sejarah web juga loh…, baca dengan seksama and
enjoy it ^ ^
Apa sih itu Pengantar web Science?
Sebelum itu, definisi dari Science itu sendiri adalah suatu cara
untuk mempelajari berbagai aspek-aspek tertentu dari alam secara
terorganisir, sistematik & melalui berbagai metode saintifik yang
terbakukan. Sedangkan Web ialah suatu layanan yang dapat digunakan oleh pemakai
computer jika terhubung dengan internet yang berisi informasi-informasi.
Maka jika digabungkan pengertian Web Science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web. Dimana dalam Matakuliah ini akan dimasukkan dalam Pengantar atau sebagai dasar dalam web science tersebut. Dimana juga mata kuliah tersebut sebagai softskill untuk mengasah dan lebih mengetahui dalam web science.
Maka jika digabungkan pengertian Web Science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web. Dimana dalam Matakuliah ini akan dimasukkan dalam Pengantar atau sebagai dasar dalam web science tersebut. Dimana juga mata kuliah tersebut sebagai softskill untuk mengasah dan lebih mengetahui dalam web science.
Selain itu, Softskill juga
memliki tujuan yakni memberikan kesempatan kepada individu untuk mempelajari
perilaku baru dan meningkatkan hubungan antar pribadi dengan orang lain. Soft
skills memiliki banyak manfaat, misalnya pengembangan karir serta etika profesional.
Dari sisi organisasional, soft skills memberikan dampak terhadap kualitas
manajemen secara total, efektivitas institusional dan sinergi inovasi.
Apakah tujuan dari matakuliah tersebut?
Web Science merupakan ilmu
pengetahuan yang membahas tentang bagaimana sebuah web diciptakan agar menjadi
sebuah jalan dimana dalam semua masalah yang ada didunia saat ini dapat
disebarluaskan secara cepat , tepat dan efisien. Tujuan penting dari web science
adalah untuk mengenali aspek penting dari identifikasi, interaksi dan
representasi yang membuat web bekerja, dan mengijinkan implementasi dari system
yang bisa mendukung dan mempromosikan perilaku yang diinginkan. So, begitu lah
tujuan mengenai pengantar web science dimana juga untuk mengasah dan mengolah
dalam bidang web sebagai softskill para programmer, mahasiswa, pekerja, dan
semua yang bersangkutan mengenai web
Sejarah dan Perkembangan Web
Web
adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa
diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website
merupakan komponent atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar,
suara animasi sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk
dikunjungi. Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian
yaitu:
1.
Website Statis
2.
Website Dinamis
3.
Website Interaktif
Secara
terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang
biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di
dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah
dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang
hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan
informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai
melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat
membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
WWW
merupakan sebuah program yg ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada
th 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun
arsip-arsip risetnya. Utk itu, ia mengembangkan satu buah system untuk
kepentingan pribadi. System itu yaitu program peranti lunak yg diberi nama
Enquire.
Dengan
program itu, Berners-Lee sukses membuat jaringan yg menautkan berbagai arsip
maka memudahkan pencarian informasi yangdibutuhkan. Inilah yg nanti jadi dasar
dari suatu perkembangan pesatyang dikenal sebagai WWW.
WWW
dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN
: Organisation Europeenne pour la
Recherche Nucleaire), Jenewa, Swiss. Pada thn 1989 Berners-lee menciptakan
pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, selanjutnya pada bln Oktober
1990, ‘World Wide Web’ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim
panas th 1991, WWW secara resmi dipakai secara luas pada jaringan Internet.
C.
Pre-Web
Pre
web adalah dimana sebelum muncul’a web 1.0, berikut ini contoh dari pre-web:
1. The memex adalah sebuah
singkatan dari “memori” dan “index”. Vannevar Bush membayangkan memex sebagai
perangkat di mana individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku
mereka, catatan, dan komunikasi. Konsep memex mempengaruhi perkembangan awal hypertext
sistem (akhirnya mengarah ke penciptaan World Wide Web ) dan basis pengetahuan
personal software.
2. Gopher merupakan TCP / IP
Application layer protokol yang didesain fasilitas untuk memudahkan pencarian,
penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protocol Gopher
melalui internet.
3. Usenet (User Network) Sistem
diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan
dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama. Di dalamnya
ditampilkan berbagai atikel yang disebut News dalam berbagai topik dan
kategori..
4. File Transfer Protocol (FTP) adalah
suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang
menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP
Server dan FTP Client.
5. Gopher merupakan TCP / IP
Application layer protokol yang didesain fasilitas untuk memudahkan pencarian,
penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protocol Gopher
melalui internet.
WEB
1.0
Web
1.0 masih mengandalkan halaman statis dari tag-tag HTML sehingga
pengunjung hanya dapat mencari sesuatu atau yang sering disebut “searching” ,
dan melihat-lihat “browsing” informasi-informasi yang ada pada web, kita juga
tidak dapat memberi komentar apa- apa, karna web 0.1 tidak mendukung aplikasi
tersebut, dan jika kita ingin mendapatkan informasi dari web yang inginkan kita
kunjungi, user harus datang ke web tersebut. elemen yang biasa digunakan dalam
Web 1.0 adalah: Halaman statis, Tombol GIF dan Framesets.
WEB
2.0
Web
2.0 adalah generasi kedua dari layanan internet berbasis web,muncul sekitar
tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2
arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya. Pada Web 2.0, sebagai pengunjung
Anda dapat melakukan kontribusi dan memiliki hak untuk read-write, di mana Anda
dapat berperan aktif pada website tersebut. Istilah “sharing” mulai umum
digunakan dalam konsep Web 2.0. Web 2.0 merupakan revolusi bisnis di industri
komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, juga
merupakan suatu percobaan untuk memahami aturan untuk mencapai keberhasilan
platform baru.Web 2.0 memiliki beberapa ciri mencolok yaitu share,
collaborate dan exploit. Di era Web 2.0 sekarang, penggunaan web
untuk berbagi, pertemanan, kolaborasi menjadi sesuatu yang penting. Web 2.0
hadir seiring maraknya pengguna blog, Friendster, Myspace, Youtube dan Fickr.
Jadi disini kehidupan sosial di dunia maya benar-benar terasa.
WEB
3.0
Web
3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0
pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World
Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai
sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Web 3.0 berhubungan
dengan konsep Web semantik, yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya
dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses
oleh agen-agen software. Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep dimana manusia
dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari
suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam
situs-situs Web.
APLIKASI PENDUKUNG WEB
Dalam
ruang lingkup web terdapat beberapa aplikasi pendukung web yang biasa digunakan
untuk membantu dalam pembuatan website. Aplikasi-aplikasi tersebut yakni;
· Macromedia
adalah sebuah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis
danpengembangan web. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992 dan telah
berkembang pesat pada tahun 1990-an dan 2000-an. Pada Desember 2005 Macromedia
diakuisisi salah satu perusahaan saingannya, Adobe Systems, tetapi Adobe
sementara ini masih tetap menggunakan nama Macromedia pada sejumlah
programnya.Macromedia didirikan pada taun 1992 melalui merger antara Authorware
Inc. (perusahaan pembuat Authorware) dan MacroMind-Paracomp (perusahaan pembuat
Macromind Director). Hingga pertengahan 1990-an, Macromedia Director yang
digunakan untuk memproduksi CD-ROM dan kios-kios informasi masih merupakan
produk unggulan Macromedia, namun seiring meningkatnya popularitas World Wide
Web Macromedia menciptakan Shockwave, sebuah plugin Director bagipenjelajah web
serta pada tahun 1996 mengakuisisi dua perusahaan berorientasi web, FutureWave
Software (yang membuat FutureSplash Animator - yang kemudian berkembang menjadi
Flash) dan iBand Software (pembuat perangkat lunak authoring HTML - yang
digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan Dreamweaver).Tahun 2001 Macromedia
mengakuisisi Allaire, yang mengembangkan ColdFusion sebelum pada akhirnya pada
tahun 2005 Macromedia sendiri dibeli oleh Adobe.
· Adobe
Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe
Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia.
Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang
menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver
sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir
Dreamweaver keluaran Adobe Systems adalah versi 10 yang ada dalam Adobe
Creative Suite 4 (sering disingkat Adobe CS4).
· Adobe Flash (dahulu
bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputeryang
merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat
gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari
perangkat lunak ini mempunyaifile extension .swf dan dapat diputar di
penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player.
Begitulah
Penjelasan mengenai sejarah dan perkembangan web yang dapat saya infokan dan juga Web
atau world wide web adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. web
merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer
server yang berada di seluruh penjuru dunia dan trehubung menjadi satu jaringan
melalui jaringan yang disebut internet.Sebenarnya antara www (world wide web)
dan web adalah sama karena kebanyakan orang menyingkat www menjadi web saja. Serta
juga Web sampai saat ini masih banyak digunakan dalam keseharian dalam ruang
lingkup masyarakat, perkantoran, pendidikan, pemerintahan, dan yang lainnya
yang mana juga masih dikembangkan terus-menerus dengan inovasi dan teknologi
yang mendukung web tersebut.
Ya..
itulah postingan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan mohon
maaf jika ada kesalahan kata maupun penulisan.😀👍
Sumber:
Komentar
Posting Komentar