INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER BESERTA HUBUNGAN NYA DENGAN WEB SCIENCE



Assalamualaikum Wr. Wb.,
Hello kawan-kawan, postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Interaksi Manusia dan komputer. Serta hubungan Interaksi manusia dan komputer tersebut dengan Web Science. Sekaligus sebagai tugas softskill Pengantar Web Science saya. Berikut penjelesannya dari postingan saya.


APA ITU INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER?

Sebelum mendalami apa itu Interaksi Manusia dan Komputer, disini saya menjelaskan definisi dari Interaksi Manusia dan Komputer. Interaksi Manusia dan Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) ini merupakan disiplin ilmu pengetahuan yang mengulas tentang perancangan, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif terkait dengan penggunaannya oleh manusia beserta hal-hal yang terkait dengan itu. IMK juga ialah interaksi, khususnya interaksi antara satu atau lebih manusia dimana ia sebagai pengguna komputer dengan satu atau lebih mesin komputasi yakni computer sesuai dengan kebutuhannya. Dimana itu berdasarkan dari sudut pandang ilmu computer dimana focusnya ada pada interaksi pada manusia dan computer. Situasi umumnya sering kita jumpai adalah penggunaan program berbasis grafik yang interaktif. Dengan memperluas pengertian tentang interaksi manusia dan mesin akan membawa kita kepada topik yang lebih luas, yang tidak mungkin dipisahkan dari IMK, antara lain topik tentang piranti masukan / keluaran, dan lingkungan kerja.




IMK mempelajari sisi mekanisme dan manusia, tetapi pada kelompok piranti yang lebih sempit yang berhubungan dengan ilmu computer maupun itu pada Web Science, grafis, pemrograman, dan lainnya.

Selain sudut pandang diatas, terdapat beberapa sudut pandang lain yang akan menempatkan fokus IMK secara berbeda dibandingkan ilmu komputer, seperti halnya fokus tentang basis datayang berbeda antara sudut pandang ilmu komputer dengan sudut pandang bisnis. IMK merupakan disiplin ilmu, dan masing-masing disiplin ilmu memberi penekanan pada aspek yang berbeda. Beberapa disiplin ilmu itu yaitu:

1. Ilmu Komputer
Membahas tentang perancangan aplikasi dan rekayasa / perancangan antarmuka untuk dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Dalam hal ini menyangkut pemilihan program bantu pendukung, bahasa pemrograman, teknik pemrograman, serta bidang ilmu komputer lain seperti pengolahan bahasa alami, struktur data, basis data, dan lain-lain.

2. Psikologi
Membahas tentang penerapan teori proses kognitif dan analisis empiris tantang perilaku pengguna. Setiap pengguna mempunyai sifat yang berbeda satu sama lain sehingga perancang sistem interaksi manusia-komputer juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya, menggunakan  persepsi dan pengolahan kognitif.

3. Antropologi dan Sosiologi
Membahas tentang interaksi antara teknologi, kerja, dan organisasi. Seperti diketahui, interaksi sangat dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan (misalnya dalam sebuah kantor). Sedangkan Sosiologi ini berkaitan dengan studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial. 

4. Perancangan grafis dan tipografi
Ada kata bijak yang mengatakan bahwa “sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata”. Dalam dunia komputer, kata ini dapat diartikan bahwa gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang efektif antara manusia dengan komputer. 

5.Teknik elektronika
Berbicara tentang komputer, khususnya dari sisi perangkat keras, pastilah tidak terlepas dari pembicaraan tentang teknik elektronika. Dalam bidang inilah kita dapat mempelajari banyak sekali aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer.

6. Ergonomik
Saat ini semakin banyak orang yang bekerja di depan terminal komputer untuk jangka waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu untuk pengguna yang demikian perlu dipersiapkan meja kerja yang nyaman, untuk menghindari kemungkinan adanya kecelakaan, naik ringan maupun berat. Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. 

7. Linguistik
Pada saat kita menggunakan komputer, seolah-olah kita sedang melakukan dialog dengan komputer yang ada di hadapan kita. Linguistik merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bahasa. Beberapa aspek seperti komputasi linguistik dan teori bahasa formal membentuk bidang khusus dalam ilmu komputer. 

8. Perancangan Industri
Membahas tentang produk-produk interaktif. Dengan semakin berkembangnya teknologi layar tampilan, penggunaan layar sentuh menjadi semakin populer. Penggunaan layar sentuh, beserta teknologi di belakangnya, telah menjadi bahan kajian yang menarik. 


Tujuan Dari Interaksi Manusia Dengan Komputer

Setelah mengetahui beberapa definisi dari Interaksi Manusia dengan Komputer, terdapat juga tujuan dari interaksi tersebut. Tujuan utama dari IMK adalah menghasilkan sistem komputer yang mampu digunakan dengan baik oleh pengguna melalui desain antarmuka yang sesuai dengan tujuan serta mencapi interaksi yang aman, efektif dan efisien. Selain desain antarmuka, karakteristik manusia tentu saja sangat mempengaruhi IMK. Jika kita melangkah lebih jauh dari mempertimbangkan pekerjaan perancangan dari sisi pandang asal usul pekerjaan dan keputusan manusia, maka komputer tidak akan selalu muncul, IMK hanya merupakan salah satu pendukung, disamping pendukung yang lain.


HUBUNGAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER DENGAN WEB SCIENCE

Setelah penjelasan mengenai Interaksi Manusia dan computer sebelumnya, interaksi tersebut juga tidak lepas dengan keseharian manusia dalam bidang komputer seperti halnya Web, Jaringan, dan lainnya. Web merupakan salah satu dari interaksi Antara manusia dengan computer yang sangat bermanfaat dan sedang berkembang pada era sekarang. Maka dari itu, terdapat pula hubungan IMK dengan Web Science dimana terdapat perilaku-perilaku yang mempengaruhi hubungan IMK tersebut dengan Web science. Beberapa hubungan tersebut yakni;

1. Perilau Navigasi
Pertama, terdapat perilaku Navigasi dimana terdapat dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi versi advance. 

2. Perliaku pencarian
Terdapat juga Perilaku Pencarian yang mana sebagai salah satu fitur yang terdapat dalam sebuah telah di desain sedemikian rupa dengan batasan-batasan tertentu.  Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.

3. Rekomendasi Web
Selanjtunya, terdapat Rekomendasi web yang mana merupakan layanan web yang merekomendasikan atau menyarankan beberapa saran kepada pengguna yang membutuhkan suatu informasi tertentu sesuai kebutuhan yang diperlukan.

4. Web Merefleksikan Perilaku Sosial
Web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seseorang. 

5. Web Mempengaruhi Perilaku Sosial
Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada 2 dampak yang dimbulkan yaitu :

1. Dampak positif :
o     lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
o   dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
o      mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan

2. Dampak negatif :
o     munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
o     adanya plagiatisme
o     munculnya pencurian/hack
o  munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
o     bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri


Begitulah beberapa dampak positif dan negative yang ditimbulkan dari pengaruh web pada Perilaku social. Serta penjelesan mengenai Interaksi Manusia dan Komputer beserta hubungannya dengan interaksi tersebut. Kita sebagai mahasiswa maupun pekerja juga haruslah memanfaatkan dan mengembangkan teknologi seperti halnya web, dan lainnya dan tidak menyalahgunakannya

Demikian postingan blog saya kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan mohon maaf jika ada salah kata maupun penulisan kalimat dalam postingan tersebut J J






Sumber:


Komentar

Postingan Populer