INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER BESERTA HUBUNGAN NYA DENGAN WEB SCIENCE
Assalamualaikum Wr.
Wb.,
Hello
kawan-kawan, postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai
Interaksi Manusia dan komputer. Serta hubungan Interaksi manusia dan komputer
tersebut dengan Web Science. Sekaligus sebagai tugas softskill Pengantar Web
Science saya. Berikut penjelesannya dari postingan saya.
APA ITU INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER?
Sebelum
mendalami apa itu Interaksi Manusia dan Komputer, disini saya menjelaskan
definisi dari Interaksi Manusia dan Komputer. Interaksi Manusia dan Komputer atau
HCI (Human Computer Interaction) ini merupakan disiplin ilmu pengetahuan yang
mengulas tentang perancangan, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer
interaktif terkait dengan penggunaannya oleh manusia beserta hal-hal yang
terkait dengan itu. IMK juga ialah interaksi, khususnya interaksi antara
satu atau lebih manusia dimana ia sebagai pengguna komputer dengan satu atau
lebih mesin komputasi yakni computer sesuai dengan kebutuhannya. Dimana itu
berdasarkan dari sudut pandang ilmu computer dimana focusnya ada pada interaksi
pada manusia dan computer. Situasi umumnya sering kita jumpai adalah penggunaan
program berbasis grafik yang interaktif. Dengan memperluas pengertian tentang
interaksi manusia dan mesin akan membawa kita kepada topik yang lebih luas,
yang tidak mungkin dipisahkan dari IMK, antara lain topik tentang piranti
masukan / keluaran, dan lingkungan kerja.
IMK
mempelajari sisi mekanisme dan manusia, tetapi pada kelompok piranti yang lebih
sempit yang berhubungan dengan ilmu computer maupun itu pada Web Science,
grafis, pemrograman, dan lainnya.
Selain
sudut pandang diatas, terdapat beberapa sudut pandang lain yang akan menempatkan fokus
IMK secara berbeda dibandingkan ilmu komputer, seperti halnya fokus tentang
basis datayang berbeda antara sudut pandang ilmu komputer dengan sudut pandang
bisnis. IMK merupakan disiplin ilmu, dan masing-masing disiplin ilmu memberi
penekanan pada aspek yang berbeda. Beberapa disiplin ilmu itu yaitu:
1. Ilmu Komputer
Membahas
tentang perancangan aplikasi dan rekayasa / perancangan antarmuka untuk dapat
digunakan oleh manusia dengan mudah. Dalam hal ini menyangkut pemilihan program
bantu pendukung, bahasa pemrograman, teknik pemrograman, serta bidang ilmu
komputer lain seperti pengolahan bahasa alami, struktur data, basis data, dan
lain-lain.
2. Psikologi
Membahas
tentang penerapan teori proses kognitif dan analisis empiris tantang perilaku
pengguna. Setiap pengguna
mempunyai sifat yang berbeda satu sama lain sehingga perancang sistem interaksi
manusia-komputer juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat
memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya,
menggunakan persepsi dan pengolahan kognitif.
3. Antropologi
dan Sosiologi
Membahas
tentang interaksi antara teknologi, kerja, dan organisasi. Seperti diketahui,
interaksi sangat dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan (misalnya dalam
sebuah kantor). Sedangkan Sosiologi ini berkaitan dengan studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur
sosial.
4. Perancangan
grafis dan tipografi
Ada
kata bijak yang mengatakan bahwa “sebuah gambar dapat bermakna sama dengan
seribu kata”. Dalam dunia komputer, kata ini dapat diartikan bahwa gambar dapat
digunakan sebagai sarana dialog yang efektif antara manusia dengan komputer.
5.Teknik elektronika
Berbicara
tentang komputer, khususnya dari sisi perangkat keras, pastilah tidak terlepas
dari pembicaraan tentang teknik elektronika. Dalam bidang inilah kita dapat
mempelajari banyak sekali aspek yang berhubungan dengan perangkat keras
komputer.
6. Ergonomik
Saat
ini semakin banyak orang yang bekerja di depan terminal komputer untuk jangka
waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu untuk pengguna yang demikian perlu
dipersiapkan meja kerja yang nyaman, untuk menghindari kemungkinan adanya
kecelakaan, naik ringan maupun berat. Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik
untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.
7. Linguistik
Pada
saat kita menggunakan komputer, seolah-olah kita sedang melakukan dialog dengan
komputer yang ada di hadapan kita. Linguistik merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari
bahasa. Beberapa aspek seperti komputasi linguistik dan teori bahasa formal
membentuk bidang khusus dalam ilmu komputer.
8. Perancangan
Industri
Membahas
tentang produk-produk interaktif. Dengan semakin berkembangnya teknologi layar
tampilan, penggunaan layar sentuh menjadi semakin populer. Penggunaan layar
sentuh, beserta teknologi di belakangnya, telah menjadi bahan kajian yang
menarik.
Tujuan Dari Interaksi Manusia Dengan Komputer
Setelah
mengetahui beberapa definisi dari Interaksi Manusia dengan Komputer, terdapat
juga tujuan dari interaksi tersebut. Tujuan utama dari IMK adalah menghasilkan
sistem komputer yang mampu digunakan dengan baik oleh pengguna melalui desain antarmuka yang sesuai dengan tujuan serta mencapi interaksi yang
aman, efektif dan efisien. Selain desain antarmuka, karakteristik manusia tentu
saja sangat mempengaruhi IMK. Jika kita melangkah lebih jauh dari
mempertimbangkan pekerjaan perancangan dari sisi pandang asal usul pekerjaan
dan keputusan manusia, maka komputer tidak akan selalu muncul, IMK hanya
merupakan salah satu pendukung, disamping pendukung yang lain.
HUBUNGAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER DENGAN
WEB SCIENCE
Setelah
penjelasan mengenai Interaksi Manusia dan computer sebelumnya, interaksi
tersebut juga tidak lepas dengan keseharian manusia dalam bidang komputer
seperti halnya Web, Jaringan, dan lainnya. Web merupakan salah satu dari
interaksi Antara manusia dengan computer yang sangat bermanfaat dan sedang
berkembang pada era sekarang. Maka dari itu, terdapat pula hubungan IMK dengan
Web Science dimana terdapat perilaku-perilaku yang mempengaruhi hubungan IMK
tersebut dengan Web science. Beberapa hubungan tersebut yakni;
1. Perilau Navigasi
Pertama,
terdapat perilaku Navigasi dimana terdapat dua tipe navigasi. Yang pertama
adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs.
Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau
footer. Yang kedua adalah navigasi versi advance.
2.
Perliaku pencarian
Terdapat
juga Perilaku Pencarian yang mana sebagai salah satu fitur yang terdapat dalam
sebuah telah di desain sedemikian rupa dengan batasan-batasan tertentu. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan
pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.
3.
Rekomendasi Web
Selanjtunya, terdapat Rekomendasi web yang mana merupakan layanan web yang merekomendasikan
atau menyarankan beberapa saran kepada pengguna yang membutuhkan suatu
informasi tertentu sesuai kebutuhan yang diperlukan.
4.
Web Merefleksikan Perilaku Sosial
Web
pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat
pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat
menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan
mempengaruhi sikap sosial seseorang.
5.
Web Mempengaruhi Perilaku Sosial
Web
sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di
masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial
masyarakat. ada 2 dampak yang dimbulkan yaitu :
1.
Dampak positif :
o lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan
pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
o dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli
jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
o mudah mencari informasi serta berbelanja online
pun dapat dilakukan
2.
Dampak negatif :
o munculnya banyak penipu yang memanfaatkan
internet
o adanya plagiatisme
o munculnya pencurian/hack
o munculnya banyak konyen-konten dewasa yang
seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
o bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan
oleh komputer itu sendiri
Begitulah
beberapa dampak positif dan negative yang ditimbulkan dari pengaruh web pada
Perilaku social. Serta penjelesan mengenai Interaksi Manusia dan Komputer
beserta hubungannya dengan interaksi tersebut. Kita sebagai mahasiswa maupun
pekerja juga haruslah memanfaatkan dan mengembangkan teknologi seperti halnya
web, dan lainnya dan tidak menyalahgunakannya
Demikian postingan
blog saya kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan mohon maaf jika ada
salah kata maupun penulisan kalimat dalam postingan tersebut J J
Sumber:
Komentar
Posting Komentar