Tutorial Animasi 3D


PEMBUATAN ANIMASI 3D PADA BLENDER


Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo semua! pada psotingan saya kali ini saya akan memposting tutorial animasi yang saya buat dalam Aplikasi Blender. Animasi yang saya buat ini berupa cartoon 3D Pokemon. Dalam alur ceritanya terdapat 2 Pokemon yaitu Suicune dan Camerupt yang saling berhadapan dan melakukan battle, dimana pada akhir cerita nya Pokemo Suicune ini memenangkan pertandingan tersebut. 

Animasi Video yang sudah jadi terdapat pada Link youtube yang saya sediakan di akhir postingan. Pembuatan Animasi 3D kartun ini juga sekaligus sebagai tugas Mata kuliah Softskill saya. Berikut Tutorial pembuatannya

TUTORIAL


Pertama, buka aplikasi Blender 3D pada laptop/ PC yang digunakan. Pada halaman awal terdapat object kubus beserta angel kamera yang default. Lalu, kita hapus terlebih dahulu object kubus tersebut. 

Setelah itu, memasukkan background yang berupa stage battle. Stage ini diambil dari ekstensi file dari luar yakni saya ambil dari Collada. Untuk memasukkan nya dengan tahap File-Import-Collada(.dae).

Setelah itu, kita gunakan file yang sudah di download sebelumnya. lalu pilih opsi file nya dan klik Import Collada. Dan file ekstensi pun akan masuk.


Lalu, seperti pada gambar diatas, terdapat stage battle yang telah di import. Jika ukuran masih belum sesuai, disesuaikan dengan cara tekan shortcut S pada keyboard dan arahkan dengan mouse menjadi ukuran yang sesuai atau yang diinginkan.


Selanjutnya, untuk memberi citra penerangan atau membuat stage battle lebih terlihat, dengan cara mengaktifkan pilihan Ambient Conclusion dalam menu World pada aplikasi Blender. Fitur ini juga berfungsi untuk membuat hasil pada output animasi lebih bagus dan cerah.


Lalu, seperti pada gambar diatas, terlihat stage battle yang lebih cerah dan bagus. dan background sudah selesai dimasukkan. sehabis itu saya akan mengimport model pokemon nya.


Di sini, caranya sama seperti tadi, yaitu dengan File-Import-Collada(.dae). Pilih file model pokemon suicune.dae yang akan diimport.


Sebelum klik Import Collada, pastikan fitur Auto Correct dicentang sebelumnya, sehingga rig/tulang pada model Suicune tidak berantakan. Rig/tulang tersebut akan digunakan untuk menggerakan model pada pembuatan animasi setelahnya.


Gambar di atas adalah hasil import Suicune beserta stage yang sudah dikecilkan. Sekarang, saya akan mengimport pokemon Camerupt.


Untuk mengimport pokemon Camerupt, caranya sama seperti mengimport Suicune. Jangan lupa untuk mencentang auto connect pada saat melakukan import.


Setelah melakukan import, sekarang buat rigging pada kedua pokemon menjadi transparan dengan menyalakan centang pada X-Ray di tab menu Armature. Rig ini digunakan untuk menggerakan model, jika dibuat transparan maka kita akan lebih mudah untuk menggerakan rig tersebut.


Berikut ini adalah model pokemon Suicune yang rig nya sudah diberikan X-Ray.


Di atas ini juga adalah model Camerupt yang sudah dinyalakan X-Ray nya.


Setelah menyalakan X-Ray, ubah Start dan End pada animasi menjadi 1800 sehingga durasi animasi menjadi 1 menit. Kemudian, sebelum menggerakan rig, arahkan ke frame 0 (frame awal) dan masuk ke Pose Mode.


Setelah masuk ke pose mode, pilih rig dari semua badan Camerupt dan gunakan LocRotScale (shortcut I) untuk mengunci pose awal Camerupt.


Kunci juga pose awal pada Suicune dengan mengklik shortcut I dan pilih LocRotScale.


Setelah itu, gerakkan cursor ke frame yang akan kita beri gerakan. Misalnya di sini saya akan menggerakkan Suicune pada frame ke-30, maka saya gerakkan cursor ke frame 30.


Setelah saya menggerakkan cursor menuju frame ke-30, saya gerakkan Suicune sesuai keinginan dan kemudian gunakan LocRotScale untuk mengunci pose selanjunya. Program akan otomatis menggerakkan model dari pose awal ke pose kedua ini.

Setelah selesai mengunci pose, gerakkan cursor ke frame selanjutnya dan gerakkan rig sesuai keinginan dan kemudian lakukan LocRotScale terus-menerus hingga selesai.


Jika sudah selesai membuat animasi, ubah format file pada menu Render dari PNG ke AVI Raw, kemudian pilih lokasi untuk menyimpan file animasinya. Baru kemudian lakukan Render.


Jika sudah siap melakukan render, klik tombol Animation sehingga Blender bisa langsung merender Animasi yang sudah dibuat sebelumnya.


Gambar di atas merupakan screenshot dari animasi yang telah saya buat.


Animasi yang sudah jadi bisa di lihat pada link Youtube dibawah ini:





Komentar

Postingan Populer